You are here: Home > Uncategorized > Lahan Jakarta Semakin Terbatas, Apartemen jadi Pilihan di 2011

Lahan Jakarta Semakin Terbatas, Apartemen jadi Pilihan di 2011

Source : Detik Finance

Jakarta – Tren untuk tinggal di proyek residensial bertingkat di Jakarta baik di proyek kondominium maupun apartemen sewa akan terus berlanjut di tahun 2011. Masih akan terjadi peningkatan sejalan dengan makin terbatasnya lahan di daerah pusat Jakarta dan dirasa semakin praktisnya tinggal di proyek residensial bertingkat tersebut.

Seperti dikutip dari hasil riset Cushman & Wakefield Research, Sabtu (25/12/2010), proyek kondominium di pusat kota juga merupakan salah satu solusi terhadap makin parahnya tingkat kemacetan dan lamanya waktu perjalanan yang dibutuhkan di Jadebotabek.

“Walaupun sampai saat ini motivasi pembeli kondominium masih berimbang antara untuk investasi dan untuk ditinggali,” ungkap hasil riset tersebut.

Sampai akhir 2010, total pasokan kumulatif kondominium di Jakarta diperkirakan mencapai 80.700 unit. 9 proyek akan selesai sampai akhir tahun ini, yaitu Gandaria Heights, Centro City (Tower A), Tamansari Sudirman, Pakubuwono View, Central Park (Alaina Tower), Green Central, Seasons City, Masion @ Kemang, dan Gading Nias (Emerald), sementara proyek kondominium yang sudah mulai dipasarkan dan akan selesai pembangunannya pada 2 tahun mendatang berjumlah 50 proyek dengan jumlah total 19.000 unit. Walaupun dengan jumlah pasokan yang cukup banyak ini, tingkat penjualan pre-sales dari proyek-proyek tersebut telah mencapai 56%.

Pasokan kondominium mendatang kebanyakan akan datang dari kelas menengah yang mewakili lebih kurang 60% dari total pasokan mendatang. Kebanyakan penambahan tersebut akan terjadi di komplek-komplek mixed-use seperti di Kuningan City, Ciputra World, Rasuna Epicentrum, Kota Kasablanka, dan Thamrin City. Sedangkan daerah perumahan primer akan terus membidik calon pembeli kelas atas seperti yang telah terjadi pada 1-2 tahun terakhir.

Pada pasar kondominium yang cukup kompetitif saat ini, komitmen pengembang untuk menyelesaikan proyeknya secara tepat waktu dengan kualitas proyek yang sudah dijanjikan, akan menjadi sangat penting, bagi suksesnya kinerja penjualan.

Dengan menurunnya suku bunga Kredit Kepemilikan Apartemen, keinginan dari pembeli diharapkan akan terus tumbuh ditahun 2011. Proyek-proyek kondominium yang menawarkan konsep unik, fasilitas yang lengkat dan berada dilokasi yang strategis diperkirakan akan dapat menawarkan harga yang lebih tinggi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.