You are here: Home > Uncategorized > AirAsia Tertarik Benahi Bandara di Indonesia

AirAsia Tertarik Benahi Bandara di Indonesia

Sumber : Detik Finance

Jakarta – Di tengah memanasnya hubungan Indonesia dan Malaysia, maskapai asal negeri jiran, AirAsia justru menawarkan diri untuk membantu membenahi bandara di Indonesia.

Menurut Menteri BUMN Mustafa Abubakar, untuk tahap awal AirAsia berniat untuk membenahi Bandara Halim Perdana Kusuma.

“AirAsia Malaysia sudah kirim ke saya, mereka ingin memanfaatkan bandara kita dalam bentuk kerja sama ataupun penataan dan pemanfaatan bandara,” katanya di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (31/8/2010).

Menurut Mustafa, maskapai Malaysia itu juga sudah memberikan berbagai masukan untuk menata bandara di dalam negeri, seperti Bandara Halim dan Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, AirAsia juga berniat membenahi Bandara Husein Sastranegara di Bandung sehingga bisa membantu mengurangi beban di Bandara Soekarno-Hatta.

Overlay landasannya sudah lebih kuat, sehingga nanti AirAsia bisa menggunakan Bandung untuk langsung internasional. Apalagi trafik AirAsia di Bandung tinggi. Kita sedang mempersiapkan untuk hal-hal tersebut,” ujarnya.

Selain Malaysia, Mustafa mengatakan, sudah ada 3 negara lain yang berniat untuk
masuk, yaitu Belanda, Singapura dan Turki.

“Belanda pernah melamar, Singapura, dan Turki . Secara bisnis Bandara Soekarno-Hatta sangat feasible. Kalau buka kesempatan investasi asing akan menarik,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah berniat membahas opsi pengelolaan Bandara Soekarno-Hatta dengan menggandeng pihak asing. Rencana ini paling cepat bisa diterapkan tahun depan.

“Kita cari cara pengelolaan bandara dengan mencari investasi yang besar untuk meningkatkan Bandara Soekarno-Hatta,” kata Mustafa.

Ia mengatakan, investor asing ini nantinya akan digandeng oleh anak usaha PT Angkasa Pura II selaku operator bandara internasional tersebut. Menurut Mustafa, rencana ini sudah diminta Kementerian BUMN kepada Direksi AP II baru sejak pelantikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.