You are here: Home > Uncategorized > Turki Ajak RI Bentuk Dana Investasi Bersama

Turki Ajak RI Bentuk Dana Investasi Bersama

Sumber : Detik Finance

Jakarta – Pemerintah Turki memprakarsai dibentuknya dana investasi bersama (joint invesment fund) dengan pemerintah Indonesia. Ide yang diprakarsai oleh pakar keuangan Turki Mumtaz Khan ini akan menggarap proyek-proyek investasi di kedua negara.

“Fund nanti memerlukan blessing kedua pemerintah tapi tidak memerlukan dana dari masing-masing pemerintah. Ide ini akan diprakarsai oleh pakar Mumtaz Khan yang sudah lama berpengalaman di beberapa perusahaan di Turki yang sudah banyak membangun Turki dan Eropa,” kata Kepala BKPM Gita Wirjawan saat jumpa pers di Kantor Presiden usai mendampingi Dubes Turki bertemu dengan Presiden SBY di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (30/8/2010).

Gita menjelaskan, Turki sangat berkepentingan untuk membantu Indonesia, apalagi kedua negara tersebut adalah 2 negara Islam terbesar dunia.

“Kalau kedua negara bisa dikombinasikan bisa mencapai Top 10 di G-20. Tapi kalau satu persatu saja, tidak sebesar negara lain yang jadi anggota 20,” papar Lulusan Harvard University, Amerika Serikat tersebut.

Target dari kerjasama ini menurut Gita adalah pembangunan proyek-proyek infrastriktur seperti pembangunan pelabuhan, bandara, jalan tol, pembangkit listrik batubara, gotermal, dan sebagainya.

Apa sudah ada spesifikasi pembangunannya itu di mana saja? “Belum (masuk proyek), mereka sudah pelajari kebutuhan dalam 5 tahun ke depan infrastruktur apa saja yang sangat penting. Jadi belum ada proyek spesifik,” jawab Gita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.