You are here: Home > Uncategorized > Garuda Masih Kesulitan ‘Lepas’ Citilink

Garuda Masih Kesulitan ‘Lepas’ Citilink

Sumber : Detik Finance

Jakarta – PT Garuda Indonesia masih menggodok rencana pemisahan (spin off) anak usahanya, Citilink. Namun, pemisahan tidak dilakukan tahun ini dan tidak menjadi prioritas, karena banyak syarat yang harus dipenuhi.

Spin off pasti akan kita lakukan. Tapi tidak tahun ini,” kata Direktur Operasional Garuda Indonesia, Ari Sapari di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (30/8/2010).

Menurutnya, saat ini maskapai pelat merah itu sedang berniat untuk mendapatkan Aircraft Operator Certificate (AOC) atau sertifikat operator pesawat udara untuk anak usahanya tersebut.

Selain itu, perseroan juga berniat meningkatkan kontribusi Citilink kepada kinerja perseroan. Pasalnya, saat ini kontribusi anak usahanya itu masih terbilang kecil, hanya sekitar 5 persen.

“Untuk bikin airlines kan tidak semudah buka rute. Masih harus banyak dikaji lagi,” imbuhnya.

Selain lebih rumit, membuka penerbangan baru juga harus memenuhi syarat standar penerbangan, keamanan dan lain-lainnya. Citilink selama ini memiliki sekitar 6-7 rute penerbangan di antaranya Surabaya, Banjarmasin, dan Balikpapan.

Rencana pemisahan Citilink menjadi perusahaan sendiri ini sudah direncanakan Garuda sejak tahun 2007 silam. Pada tahun 2007, Dirut Garuda Emirsyah Sattar pernah mengirim surat kepada Menteri BUMN saat itu untuk mendirikan PT atas nama Citilink.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.